Feb 2018 Harga minyak berada di level terendah 6 tahun! -wpn

logam mulia

[ad_1]

Harga minyak berada di level terendah 6 tahun! RHBINVEST ID Selasa, 08 Desember 2015

Harga kontrak minyak dunia anjlok ke level terendah dalam enam tahun terakhir pada Senin (7/12) kemarin di New York.

Berdasarkan data Bloomberg , harga kontrak minyak jenis West Texas Intermediate (WTI) untuk pengantaran Januari turun US $ 2,32 atau 5,8% menjadi US $ 37, 65 per barel di New York Mercantile Exchange. Ini merupakan level terendah sejak Februari 2009.

Penurunan harga si emas hitam terjadi di tengah melimpahnya pasokan minyak global yang menembus rekor. Pelaku pasar cemas, jumlah pasokan minyak akan terus bertambah setelah Organization Petroleum Exporting Countries (OPEC) tak menghiraukan strategi jangka panjang dengan membatasi produksi minyak untuk mengontrol harga.

Menurut Presiden OPEC Emmanuel IBE Kachikwu, organisasinya akan tetap memompa sekitar 31 , 5 juta barel per hari. Harga minyak semakin tertekan seiring penguatan dollar AS akibat spekulasi kenaikan suku bunga AS.

Tidak hanya itu, harga bensin dan diesel juga ditutup di posisi terendah sejak krisis finansial 2008 yang mendorong ekonomi AS ke jurung resesi.

“Pasar minyak anjlok karena OPEC tidak mengutak-atik kuota. Negara-negara Saudi menggandakan strateginya untuk menekan produsen minyak lainnya. Mereka bersiap untuk memainkan permain jangka panjang sehingga bisa kembali mendominasi,” jelas John Kilduff, partner Again Capital LLC yang berbasis di New York.

Sementara itu, harga kontrak minyak jenis Brent untuk pengantaran Januari turun 5m3% menjadi US $ 40,73 sebarel di ICE Futures Europe exchange.

Sumber: Kontan

Tags: News

[ad_2]